Senin, 13 Februari 2012

Bahaya Zat Kimia Mainan Anak

Hati-hati terhadap mainan yang sedang dipegang anak anda !Ada bahaya besar yang tersembunyi dibalik riangnya anak anda bermain setiap hari…

Mainan edukasi yang banyak beredar di pasaran ternyata tidak aman untuk anak-anak. beragam jenis maninan edukasi untuk anak berumur 2-5 tahun mengandung logam berat berupa timbal (Pb), merkuri (Hg), kadmium (Cd), dan kromium (Cr). Selain itu, yang juga perlu diwaspadai adalah krayon yang biasa digunakan oleh anak-anak-anak untuk mewarnai. Zat warna pada krayon perlu diteliti kandungannya karena pembungkus krayon sering terbuka. Pewarna yang menempel di tangan anak bisa tertelan.

Mengapa Timbal berbahaya pada anak ?
Dr. Riki Tenggara, SPD (dokter spesialis penyakit dalam terkemuka di Jakarta), yang menyatakan adanya 3 bahaya utama racun timbal pada anak :
  • Dapat menyebabkan keracunan kronik pada otak dan pembuluh darah/syaraf tubuh. Kandungan timbal yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya penurunan perkembangan intelegensia dan rentan terhadap ketidaksimbangan sistem syaraf tubuh.
  • Dapat menyebabkan penyakit pernafasan dan pencernaan akut. Unsur timbal beresiko tinggi merusak kerja sistem metabolisme tubuh (ginjal, hati dll) serta menyebabkan infeksi pada system pernafasan.
  • Dapat menyebabkan melemahnya kerja zat-zat pembangun tulang pada tubuh anak. Hal ini dapat merusak struktur kandungan tulang tubuh anak pada masa pertumbuhannya, sehingga berpotensi menyebabkan kerapuhan tulang(osteophorosis).

Sementara di Amerika, Jepang dan berbagai Negara di Eropa telah melarang keras dan memboikot ketat masuknya mainan anak yang mengandung timbal. Bahkan Negara-neagara tersebut tidak lagi mau menerima impor mainan dari China. Ironisnya, malah di Indonesia produk mainan buatan China menguasai pasaran mainan anak-anak. Bahkan produsen mainan anak-anak lokal semakin tak berdaya menghadapi gempuran produk China. Upaya kampanye penanggulangan pencegahan racun timbal pada mainan anak di negara Amerika, Jepang dan Eropa sangat aktif hingga saat ini. Keputusan Pemerintah mereka didukung berbagai lembaga pemerintah dan swasta hingga lembaga independent membuat terlindungnya anak-anak dari bahaya racun timbal.
        Tips memilih mainan anak
  1. Pilihlah bahan organic. Memang harga yang ditawarkan bahan mainan organic ini lebih mahal dari yang biasa. Tentu saja, selain lebih aman dan ramah pada anak-anak, bahan organic ini akan dapat membantu merangsang pertumbuhan pada anak.
  2. Hindari bahan berbahaya. Bahan mainan yang yang mengandung PVC, timah, BPA, dan phtalates sangat tidak aman bagi anak-anak. Ini berarti akan mengganggu kesehatan anak dan perkembangan nya.
  3. Jangan beri anak mainan banyak. Sedikit mainan sudah cukup untuk nya bermain. Lebih baik dengan sedikit mainan namun dapat menghibur serta mendidik anak daripada banyak mainan namun tidak bermanfaat.

Sudah saatnya kita aktif menyampaikan hal ini kepada masyarakat luas. Minimal anak anda dan anak-anak disekitar anda dapat terhindar dari bahaya racun timbal yang banyak terdapat pada mainan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BPN: MENUJU PELAYANAN PERTANAHAN MODERN STANDART DUNIA

YUK.... SIMAK VIDEO INI DULU YAH... https://www.youtube.com/watch?v=fE1f0jXt5xk