Selasa, 28 Februari 2012

Bioenergi berbasis Eceng Gondok


Siapa yang tidak kenal tanaman gulma eceng gondok? Saat ini, gulma tersebut bisa dimanfaat kan sebagai sumber bioenergi alternatif.


Keberadaan tanaman enceng gondok ini kerap kali menjadi dilema bagi masyarakat disekitar. Jika tidak memiliki pengetahuan yang baik, maka eceng gondok cenderung merugikan. padahal, ternyata eceng gondok tersebut dapat didifersifikasi sebagai bioenergi alternatif lho....


Barangkali informasi ini bs menjadi masukan kedepan buat kawasan yang  dipenuhi oleh gulma tersebut. Salah satu contoh yang pernah saya lihat adalah di kawasan pinggiran Danau Toba. Bahkan Pemkabnya pernah membuat program pembersihan Danau Toba dari Eceng Gondok yang lokasinya dapat dilihat di lokasi eceng gondok di Danau toba . Mudah-mudahan untuk selanjutnya, program seperti ini ditiadakan dan diganti menjadi program pemberdayaan dan pengoptimalan manfaat eceng gondok sebagai bioenergi. 



Berikut alur pembuatannya:

  1. Memotong/mencincang batang dan daun eceng gondok. 
  2. Potongan eceng gondok dimasukkan ke tabung reaktor yang terbuat dari dua drum yang disatukan. Proses ini memakan waktu tujuh hari untuk menghasilkan gas dari hasil pembusukan eceng gondok.
  3. Selama tujuh hari, gas dari pembusukan eceng gondok akan mengalir ke tabung reaktor kedua untuk kemudian ditampung dalam tabung khusus.
  4. Agar gas tidak habis, tabung fermentasi yang berdaya tampung 80 kilogram itu diisi secara berkala. 
  5. Sebanyak 30 kilogram eceng gondok di drum fermentasi, hanya bisa dipakai dalam waktu sehari. Terutama, bila digunakan secara terus-menerus.
Untuk pembuatan semua perangkat, dirinya hanya mengeluarkan biaya Rp 700 ribu. Uang sebesar ini buat membeli tiga buah drum, selang dan regulator. Alat-alat tersebut kemudian dirakit dengan cara di las. Dengan menggunakan bahan bakar alternatif dari eceng gondok ini diharapkan bisa menghemat penggunaan bahan bakar minyak tanah serta elpiji secara berlebihan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BPN: MENUJU PELAYANAN PERTANAHAN MODERN STANDART DUNIA

YUK.... SIMAK VIDEO INI DULU YAH... https://www.youtube.com/watch?v=fE1f0jXt5xk