Senin, 30 Oktober 2017

TENTANG BUS DI SINGAPURA

Ama Jubilate menikmati Perjalanan dengan Bus Singapura

DATA PANDUAN
Di Singapura ada 2 perusahaan bus yang beroperasi, yaitu SBS Transit dan SMRT. Jalur busnya menghubung kan semua wilayah di Singapura, sehingga bagi penduduk lokal merupakan sarana transportasi yang praktis. Sedangkan bagi wisatawan jalur busnya cukup banyak sehingga sulit dimengerti, dan naik bus dengan lancar bukanlah hal yang mudah. Namun, jika sudah terbiasa akan merasa praktis kemanapun pergi, dan ongkosnya pun murah.

Tiket bus ada yang dibayar dengan cara cash pada saat naik, dan ada juga EZ Link card yaitu IC card yang bisa juga digunakan untuk subway, dan Singapore Tourist Pass yang diperuntukkan bagi wisatawan. Ongkos bus di Singapura ditetapkan berdasarkan jarak tempuh, ekonomi/AC, dan cara pembayaran. 
Singapore Tourist Pass tersedia dalam tiket 1hari, tiket 2hari, tiket 3hari, dan jika masih dalam masa berlaku, bisa digunakan untuk naik bus di satu wilayah dan merupakan pass yang menguntungkan karena bisa naik subway sepuasnya.Sebaiknya disesuaikan dengan jangka waktu berada di Singpura lalu beli tiketnya. Untuk jalur-jalur bus, boleh di lihat  disini

JENIS-JENIS TIKET BUS

  1. Untuk 1 kali: ongkosnya berbeda berdasarkan jerak tempuh dan ekonomi/AC Bisa digunakan juga di MRT, belanja di convenience store dan untuk membayar parkir. Karena pembayarannya langsung ke supir pada saat naik, harus memberitahu tujuan dan menanyakan ongkosnya. Diperlukan uang recehan, karena tidak bisa menukar uang dan tidak ada kembalian.
  2. EZ - Link Card : atau IC Card bisa digunakan setelah melakukan isi ulang. Pada saat pertama membeli dengan harga $ 12 (sudah termasuk uang deposit $ 5, dan uang deposit tidak dapat dikembalikan/ditarik kembali) 
  3. Singapore Tourist Pass : Pass yang diperuntukkan bagi wisatawan. Bisa digunakan naik MRT dan Bus umum sepuasnya. Harga tiket untuk 1hari $ 20 ; 2hari $26 ; 3hari $30 
Tempat pembelian tiket
  1. Mesin otomatis penjualan tiket
  2. EZ-link card bisa dibeli di loket station.
  3. Singapore Tourist Pass bisa didapatkan di loket station besar.

CARA NAIK DAN TURUN DARI BUS 
Angkatlah tangan. Buatlah supir mengetahui anda ingin naik. Jalan di Singapura banyak yang satu arah, sehingga tidak sedikit yang rutenya berbeda antara jalur pergi dan pulang. Karenanya, nama halte bus saat pergi dan pulang pun berbeda, ini yang sangat sulit dimengerti. Jika akan naik bus, disarankan untuk mencari informasi di internet sebelumnya, tentang posisi halte bus dan peta jalur bus.
Memberhentikan bus. Jika bus sudah datang, harus menunjukkan niat hendak naik.
Naik dari pintu depan.  Karena tidak ada pengumuman di dalam bus, nomor ke berapakah halte turun, sebaiknya sudah diperiksa sebelumnya. Letakkan Singapore Tourist Pass dan EZ- Link card di card reader. Jika membayar dengan uang cash, tanyakan ongkosnya ke supir bus lalu bayar, kemudian tiket akan keluar dari mesin lalu ambil.

Cara turun dari bus

Di dalam bus, papan lampu petunjuk hanya ada di satu bagian bus saja, bahkan ada juga yang tidak menunjukkan posisi setempat (current possisition) dengan benar, jadi harap berhati-hati.
Pada saat turun pun setelah Singapore Tourist Pass dan EZ-Link card ditempelkan di card reader, lalu turun. Jika bayar dengan uang cash, setelah memasukkan tiket ke tempatnya, lalu turun. 
Jika halte tujuan sudah dekat, pencet bel dan bersiaplah turun. Turun dari pintu belakang. Jika ingin mengetahui jadwal kedatangan bus, bisa dicari melalui aplikasi. 
Di halte bus Singapura, tidak ditempel jadwal keberangkatan bus. Hal-hal lain yang perlu diperhatikan. Tidak ada jadwal keberangkatan bus. Umumnya sekitar 10menit sampai 20menit sekali bus berangkat, tapi ada kalanya juga terlambat. 


Berikut ini berbagai bentuk Informasi tentang Bus di Singapura yang berhasil di ambil oleh penulis.

A. JENIS DAN BENTUK BUS




  






B. PENUMPANG BUS SINGAPURA





C. PETUNJUK JALAN DAN JALUR BUS







D. SUASANA DI SEPANJANG JALAN SINGAPURA






   



E. HALTE BUS SINGAPURA


F. SUASANA MALAM DI SINGAPURA







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BPN: MENUJU PELAYANAN PERTANAHAN MODERN STANDART DUNIA

YUK.... SIMAK VIDEO INI DULU YAH... https://www.youtube.com/watch?v=fE1f0jXt5xk