Senin, 06 November 2017

SEJARAH TENIS MEJA

Sebelumnya selesai membaca artikel ini, coba deh tebah, dari mana asal olah raga ini diperkenalkan? Pasti anda akan menyebutkan China bukan? Yah, karena mungkin Anda juga akan menduga kalau kata "ping-pong" pun adallah bahasa China. Tapi, untuk kali ini, Anda salah besar. Dan Anda tidak akan menyesal setelah selesai membaca artikel ini. 

Menurut situs-situs seperti pongworld.com, tenis meja ternyata berasal dari Inggris. Awalnya olahraga ini hanya sebuah hobi sosial di Inggris sekitar akhir 1800-an. Lapangan nya pun terbuat dari meja makan, bola nya terbuat dari gabus, dan bet tanpa karet yang terbuat dari kayu. Menurut beberapa sumber tentang sejarah tenis meja, ternyata meski China menggunakan kata ping-pong untuk menyebut tenis meja tapi istilah “ping-pong” itu sendiri bukan dari China, tetapi Inggris juga. Dia merupakan istilah dagang yang pertama kali digunakan oleh perusahaan Inggris bernama J. Jaques & Son Ltd pada sekitar tahun 1901. Kemudian menjadi sering digunakan pada saat pertandingan sehingga mengakar kuat dipikiran masyarakat. (Situasi ini mirip merek Honda di Indonesia. Ketika membayangkan motor, maka yang terbayang adalah Honda. Padahal terdapat pula merek lain seperti Suzuki dan Blade). Tapi jika perusahaan lain yang menjadi sponsornya, tetap istilah yang digunakan adalah tenis meja.

Sebelum istilah tenis meja digunakan, awalnya olahraga ini memiliki banyak sebutan atau istilah seperti “Pom-pom,” “Whif whaf,” “gossamer,” “flim-flam,” dan “Pim-Pam.”

Kembali ke waktu permulaan tenis meja dimainkan, pada waktu itu tenis meja hanya dimainkan oleh masyarakat dari golongan menengah ke atas dan dimainkan sehabis makan malam. Seiring dengan pergantian waktu atau zaman, tenis meja pun mengalami sejumlah perubahan. 

Bola nya dari seluloid (Dikembangkan oleh James W. Gibb), ada juga yang menambahkan karet pada bet nya (Dikembangkan oleh E.C. Goode). Dan ternyata, seperti informasi dari situs geocities.com, pada sekitar tahun 1900-an, tenis meja pun menjadi populer di Amerika Serikat (AS).

Organisasi tenis meja pertama di dunia yaitu Table Tennis Assosiation yang didirikan di Inggris pada tahun 1921. Kemudian pada tahun sekitar 1926 terbentuklah organisasi tenis meja dunia yang bernama Federasi Tenis Meja Internasional atau International Table Tenis Federation (ITTF) yang didirikan di Berlin, Jerman oleh beberapa negara yaitu Inggris, Swedia, Hungaria, India, Denmark, Jerman, Czechoslovakia, Austria, dan Wales. Dan pada tahun 1927, diadakan kejuaraan dunia resmi tenis meja pertama di London, Inggris. Ternyata, lagi-lagi China tidak terlibat di pembentukan ITTF yah. Lantas kapan tepatnya China menjadi sarangnya hatu pingpong di kanca internasional?

Pada tahun 1952 diadakan kejuaraan dunia tenis meja di Bombay, India. Negara-negara peserta dari Asia memutuskan untuk membentuk Federasi Tenis Meja Asia atau The Table Tennis Federation of Asia (TTFA). Dan setelah tenis meja menjadi cabang olahraga yang dilombakan di Olimpiade pada sekitar tahun 1980-an, selain China negara lain seperti Swedia dan Korea Selatan turut masuk dalam jajaran papan atas dunia.

Suatu saat, Indonesia juga akan mencatatkan nama-namya di kancah dunia melalui atlit-atlitnya yang ada si berbagai PTMSI di Indonesia. Tidak ketinggalan juga, kiranya pemain tenis meja dari PTMSI Rajawali suatu saat dapat mengambil posisi di kancah internasional. Amin 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BPN: MENUJU PELAYANAN PERTANAHAN MODERN STANDART DUNIA

YUK.... SIMAK VIDEO INI DULU YAH... https://www.youtube.com/watch?v=fE1f0jXt5xk